4 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Belajar Akuntansi & Pembukuan Bisnis UKM.

Pelajari Sekarang »

Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan alat pembayaran sebagai pengganti uang tunai yang dapat digunakan oleh konsumen untuk membeli barang dan jasa ke tempat merchant yang menerima kartu kredit.

bijak menggunakan kartu kredit

Dengan kartu kredit, pembeli membeli barang atau jasa dari merchant dengan menggunakan uang bank. Pada saat jatuh tempo, bank akan mengirimkan tagihan kepada pembeli.

Dana yang bisa digunakan oleh nasabah pemegang kartu kredit tergantung limit yang diberikan oleh bank. Semakin besar limit yang diberikan oleh bank, semakin besar kesempatan nasabah membelanjakan kartu kreditnya karena pemegang kartu kredit seolah-olah membawa banyak uang tunai tanpa perlu repot-repot membawa uang tersebut.

Karena godaan kepraktisan inilah, banyak pemegang kartu kredit kehilangan kontrol dalam menggunakannya. Untuk itu, kita harus cermat dan bijak dalam menggunakan kartu kredit.

Berikut ini adalah 5 cara bijak menggunakan kartu kredit.

1. Miliki Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan

Sponsored Ad



Dewasa ini sering kita lihat orang yang memiliki lebih dari satu kredit. Pada umumnya, mereka karena tergiur dengan promo-promo yang diberikan. Misalnya, diskon di merchant tertentu, bebas biaya keanggotaan, bunga yang lebih kecil dll. Milikilah kartu kredit sesuai kebutuhan. Jika satu kartu kredit sudah cukup untuk kebutuhan kamu, tahanlah untuk apply kartu kredit lain.

2. Periksa Daftar Transaksi Tagihan

Pada saat tagihan kartu kredit datang, periksalah daftar tagihan dengan seksama. Apakah tagihan yang kamu terima sesuai dengan daftar barang atau jasa yang kamu beli? Jika ada tagihan yang janggal, telusuri lebih lanjut. Untuk bisa melakukan pengecekan daftar tagihan, kamu harus memiliki catatan belanya yang detail. Buat yang malas mencatat secara manual, kamu juga bisa menggunakan aplikasi smartphone.

3. Batasi Limit Kartu Kredit

Batasi limit kartu kredit sebesar kemampuan yang kamu memiliki untuk membayar tagihan. Jangan sampai seperti pepatah, besar pasak daripada tiang alias pengeluaranmu dengan kartu kredit lebih besar dari gaji atau penghasilan yang kamu terima.

4. Bijak Dalam Memutuskan

Saat kamu melihat penawaran menarik dari merchant, tanyalah kembali ke diri sendiri: Apakah barang-barang tersebut benar-benar saya butuhkan? Selalu bedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Kebutuhan pun tidak semuanya lantas harus dibeli. Buat lah skala prioritas kebutuhan.

Leave a Comment