Mengenal Macam-Macam Profesi Akuntansi

Belajar Akuntansi & Pembukuan Bisnis UKM.

Pelajari Sekarang »

Profesi akuntansi atau pekerjaan yang terkait dengan akuntansi ada bermacam-macam. Buat kamu yang saat ini sedang mengambil kuliah jurusan akuntansi, harus memikirkan dari sekarang profesi apa yang ingin digeluti setelah lulus kuliah. Berikut kami rangkum macam-macam profesi akuntansi yang mungkin kamu minati.profesi akuntansi

1. Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan merupakan bidang akuntansi yang terkait dengan penyediaan informasi keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh pihak eksternal. Informasi yang disediakan oleh akuntansi keuangan bersifat baku atau standar yang dikenal dengan generally accepted accounting principles atau prinsip-prinsip akuntansi yang berterima umum.

Tugas utama seorang yang berprofesi di bidang akuntansi keuangan adalah membuat laporan keuangan seperti neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan perubahan modal setiap periode akuntansi, yaitu setiap bulan. Profesi akuntansi yang termasuk dalam akuntansi keuangan misalnya akuntan atau controller, dibantu oleh treasury, cashier dll.

2. Akuntansi Manajemen

Akuntansi Manajemen adalah bidang akuntansi yang tugas utamanya adalah menyediakan dan memberikan informasi bagi pihak internal, yaitu pihak manajemen. Berbeda dengan akuntansi keuangan, informasi yang disediakan oleh akuntansi manajemen bersifat flexibel sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Profesi akuntansi di bidang akuntansi manajemen misalnya akuntan manajemen dan financial analyst.

3. Akuntansi Perpajakan

Sponsored Ad



Akuntansi Perpajakan adalah bidang akuntansi yang pekerjaan utamanya adalah memenuhi liabilitas atau kewajiban serta pelaporan pajak. Profesi akuntansi di bidang akuntansi perpajakan pada umumnya harus memiliki kecakapan di bidang perpajakan yang ditunjukan dengan sertifikat profesi perpajakan atau brevet. Di Indonesia, orang yang bekerja di bidang akuntansi perpajakan disebut dengan tax officer.

4. Auditing

Auditing adalah bidang akuntansi yang pekerjaannya berupa memberikan jasa atestasi dan non atestasi atau disebut juga dengan jasa audit. Orang yang bekerja di bidang auditing dikenal dengan istilah auditor atau auditor eksternal. Auditor eksternal bekerja pada Kantor Akuntan Publik (KAP).

5. Audit Internal

Audit Internal adalah bidang akuntansi yang pekerjaan utamnya adalah melakukan pengendalian internal (internal control). Orang yang bekerja di bidang audit internal disebut dengan auditor internal. Berbeda dengan auditor eksternal, auditor internal bekerja di perusahaan.

  • 88
    Shares

6 thoughts on “Mengenal Macam-Macam Profesi Akuntansi”

Leave a Comment