Berkenalan Dengan Wave Accounting, Software Akuntansi Online Gratis untuk UKM

Belajar Akuntansi & Pembukuan Bisnis UKM.

Pelajari Sekarang »

Berkenalan dengan Wave Accounting

Menjalankan bisnis UKM memang penuh tantangan serta butuh daya tahan dan kreativitas tinggi pendirinya. Selain memutar otak bagaiamana caranya memperluas skala bisnis, pebisnis UKM juga dituntut untuk membangun organisasi bisnisnya. Salah satu unsur penting dalam organisasi binsis adalah akuntansi atau keuangan bisnis. Untuk membangun sistem keuangan bisnis yang baik dan handal, UKM membutuhkan dukungan berupa software akuntansi. Pada kesempatan ini, kami akan mengajak Anda berkenalan dengan Wave Accounting, software akuntansi online gratis yang sangat cocok buat UKM.

Apa Itu Wave Accounting?

Wave Accounting adalah software akuntansi online gratis yang dibuat oleh Wave Accounting Inc., sebuah perusahaan software yang berpusat di Toronto, Canada. Saat ini Wave telah digunakan oleh 1.7 juta pengguna di 200 lebih negara di dunia. Data terbaru, Wave telah mencatat 236 juta transaksi akuntansi (baik berupa income/pendapatan maupun expenses/biaya) yang nilainya setara dengan 80 juta dollar US.

Untuk bisa menggunakan Wave, Anda hanya perlu mendaftar dengan akun email, atau bisa langsung dengan akun Gmail atau Yahoo!. Proses pendaftaran Wave sangat singkat, bisa kurang dari 1 menit.

wave accounting

4 Alasan Mengapa UKM Anda Harus Mencoba Wave

Gratis

Anda bisa menggunakan Wave tanpa keluar uang sepeser pun alias gratis, kecuali sambungan internet. Dengan tanpa uang sepeser pun, Anda bisa menggunakan fitur-fitur Wave seperti pembuatan invoice, pembukuan atau pencatatan jurnal, pembayaran dll. Dengan menggunakan Wave, Anda bisa berhemat jutaan rupiah uang yang tadinya dialokasikan untuk membeli software akuntansi yang harganya tidak murah.

Satu Akun, Multi Bisnis

Dalam satu akun Wave, Anda bisa membuat banyak pembukuan untuk UKM Anda. Fitur ini sangat cocok buat Anda yang menjalankan beberapa UKM sekaligus. Misalnya, Anda menjalankan beberapa toko online sekaligus seperti toko online buku, fashion, dll.

Unlimited Invoice

Keunggulan lain dari Wave adalah adanya fitur Invoice. Dengan fitur ini, Anda bisa mendesain, membuat dan mengirimkan invoice langsung ke alamat email pelanggan. Jumlah invoice yang bisa Anda buat dengan Wave tidak terbatas.

Sponsored Ad



Mudah Digunakan

Wave cukup mudah digunakan bagi Anda yang tidak mengambil kuliah akuntansi. Sebagai contoh, untuk mencatat biaya yang Anda keluarkan dalam operasional binsis, Anda bisa menggunakan fitur Expenses, dimana dengan fitur ini Anda tidak perlu membuat jurnal sistem double entry seperti yang dikerjakan oleh akuntan.

Hemat Waktu

Dengan menggunakan Wave, Anda bisa memangkas waktu untuk mencatat transaksi atau pun membuat laporan keuangan bisnis secara manual. Pada akhir bulan, Anda tinggal mengekstrak laporan keuangan langsung dari Wave. Selain itu, pada halaman dashboard, Wave membuat rangkuman keuangan bisa UKM Anda.

Kekurangan Wave

Meski demikian, Wave Accounting memiliki beberapa keterbatasan atau kekurangan yaitu sebagai berikut:

  • Tidak sepenuhnya gratis. Untuk mendapatkan semua fitur yang dimiliki Wave seperti fitur Payroll, pengguna Wave harus membayar beberapa dollar untuk setiap 1 headcount atau karyawan. Selain itu, fitur Payroll baru tersedia untuk Amerika Serikat dan Canada.
  • Dukungan customer service. Bagi pengguna Wave gratis, pengguna Wave tidak bisa berhubungan secara real time dengan customer service Wave. Meskipun Wave sudah melengkapi FAQ, webinar, forum maupun contact support di halaman websitenya, pengguna terkadang tetap membutuhkan support secara langsung melalui chat atau telpon. Untuk memperoleh dukungan dari customer service Anda harus membayar.
  • Iklan. Halaman pengguna Wave gratis menampilkan iklan sebagai sumber pemasukan lain Wave. Hal ini merupakan solusi win-win dari Wave di mana mereka membuat software gratis, dan bekerja sama dengan advertisers untuk menampilkan iklan mereka kepada pengguna Wave.
  • Koneksi Internet Yang Cepat. Penngalaman kami menggunakan Wave setahun ke belakang, loading halaman antarmuka Wave terbilang cukup lama. Hal ini bisa diatasi dengan memilih koneksi internet yang cepat, yang sayangnya belum banyak tersedia di Indonesia.

Originally posted 2016-06-27 05:44:21.

  • 18
    Shares

1 thought on “Berkenalan Dengan Wave Accounting, Software Akuntansi Online Gratis untuk UKM”

Leave a Comment