Dasar-Dasar Akuntansi: Cara Mudah Memahami Akuntansi

Belajar Akuntansi & Pembukuan Bisnis UKM.

Pelajari Sekarang »

Dasar-Dasar Akuntansi

Akuntansi memiliki peran yang penting pada sebuah bisnis. Untuk bisa memahami bisnis dengan baik, kita harus paham dasar-dasar akuntansi. Dengan memahami dasar-dasar akuntansi, diharapkan bisa menjadikan informasi akuntansi sebagai dasar pengambilan keputusan untuk mengelola bisnis dengan baik.

dasar dasar akuntansi

Apa itu Akuntansi?

Akuntansi adalah pencatatan transaksi keuangan secara sistematis dan komprehensif suatu bisnis selama periode tertentu.

KONTEN PARTNER: Jasa Akuntansi Berkualitas

Akuntansi juga diartikan sebagai suatu proses merangkum, menganalisa dan melaporkan transaksi keuangan bisnis.

Yang dimaksud dengan transaksi yaitu suatu persetujuan antara dua pihak, dimana salah satu pihak menjual barang atau jasa sedangkan pihak lain membeli barang atau jasa tersebut. Sebuah transaksi binsis harus bisa diukur nilainya dengan uang, atau dengan kata lain bisa dinyatakan dalam mata uang.

Perlunya Pemisahan Uang Pribadi dan Bisnis

Salah satu kunci sukses dalam menjalankan bisnis adalah memisahkan uang pribadi dengan uang perusahaan. Untuk itu, semua transaksi yang terjadi antara pemilik bisnis dengan bisnis itu sendiri harus diakui dan dicatat dengan jelas.

Antara pemilik bisnis dan bisnis, ada dua transaksi yang terjadi yaitu sebagai berikut:

Sponsored Ad



  • Capital (Modal). Yaitu sejumlah uang yang disetor oleh pemilik bisnis kepada bisnis atau usahanya.
  • Drawing (Pirve). Yaitu sejumlah uang yang diambil oleh pemilik bisnis dari bisnis atau usahanya.

Komponen Akuntansi

Dalam pencatatan akuntansi, suatu transaksi dicatat dan dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu. Berdasarkan kategori pencatatannya, ada 5 (lima) komponen utama pada akuntansi yaitu sebagai berikut:

  • Assets (Harta). Yaitu segala sesuatu yang memiliki nilai dan menjadi kepemilikin perusahaan.
  • Liabilities (Kewajiban). Yaitu kewajiban perusahaan untuk membayar sejumlah uang tertentu baik kepada pihak lain.
  • Equity (Ekuitas). Yaitu kewajiban perusahaan terhadap pemilik modal yang menanamkan modalnya ke perusahaan.
  • Income (Pendapatan). Yaitu uang yang didapatkan perusahaan atas operasional usaha, misalnya dari penjualan barang atau jasa.
  • Expenses (Biaya/Pengeluaran). Yaitu uang yang dikeluarkan perusahaan untuk membiayai operasional usaha.

Turunan atau kategori yang lebih kecil dari kelima komponen akuntansi diatas disebut dengan akun atau rekening yang disusun dalam chart of account (COA).

Sistem Double Entry

Dalam melakukan pencatatan akuntansi, dikenal istilah double entry system. Sistem double entry yaitu sistem pembukuan dimana setiap satu transaksi dicatat dua kali (satu dicatat debit dan satunya lagi dicatat kredit). Jumlah total debit harus sama dengan total credit.

Tujuan Akuntansi

Tujuan akuntansi adalah untuk menyediakan informasi keuangan suatu usaha. Informasi keuangan tersebut biasanya meliputi kinerja, posisi keuangan, serta arus kas perusahaan. Informasi keuangan dirangkum dalam bentuk laporan keuangan.

Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah output dari system akuntansi. Berikut ini adalah empat laporan keuangan utama pada perusahaan:

  • Laporan Posisi Keuangan. Laporan ini juga dikenal dengan istilah Laporan Neraca. Laporan ini menyediakan informasi tentang posisi keuangan sebuah entitas pada titik waktu tertentu. Dalam laporan posisi keuangan disajikan aset, liabilitas dan ekuitas sebuah usaha.
  • Laporan Laba/Rugi. Menyajikan laporan laba bersih (rugi bersih) sebuah usaha selama periode tertentu. Dalam laporan ini disajikan pendapatan yang dihasilkan dan biaya yang terjadi selama periode tertentu.
  • Laporan Perubahan Modal. Merangkum perubahan atau penyesuaian ekuitas selama periode tertentu (periode yang sama dengan Laporan Laba/Rugi). Pada laporan ini disajikan perubahan pada modal dan laba ditahan.
  • Laporan Arus Kas. Menunjukkan jumlah cash yang masuk maupun yang keluar perusahaan selama periode tertentu (periode yang sama pada Laporan Laba/Rugi dan Laporan Perubahan Modal) meliputi aktivitas operasi, investasi dan keuangan.

 

Apakah Anda telah memahami dasar-dasar akuntansi? Sudahkah Anda mengaplikasikan akuntansi pada bisnis Anda dengan baik? Tulis pengalaman Anda di kolom komentar 🙂

Join Channel Telegram kami ➡ https://t.me/akuntansiUMKM⁠⁠⁠

Originally posted 2016-06-08 07:05:57.

  • 2
    Shares

44 thoughts on “Dasar-Dasar Akuntansi: Cara Mudah Memahami Akuntansi”

  1. Saya suka bangat dengan AKUNTANSI awal smk akutansi lanjut di perguruan tinggi S1 lgy akuntansi nanti kalau Lanjut S2.S3 dan doktor pun tetap akuntansi blajar akuntansi itu asyik bagi yang mau belajar..

    • halo cali
      kebetulan saya berniat utk meneruskan sekolah s1
      tapi saya masih bingung dalam penentuan jurusan..
      menurut teman & atasa tempt saya bekerja, lebih baik akuntansi saja..
      dapatkah anda membuat deskripsi/penjelasan mengenai hal tentang akuntansi & mengapa saya harus memilih jurusan akuntansi??
      please help
      terimakasih

  2. Sekalinya ngerjain tugas akuntansi rasanya greget banget karena kalo ada yang salah pasti bakaln pusing buat benerinnya.tapi seru juga sih kayak lagi adrenalin gitu .haha

  3. Gak suka aku sama akutansi.. Pdahal sekolah jrusan ips pas SMA..
    Giliran kerja bagian staff HRD .. Dan sekarang mau kuliah ambil akutansi..
    ???

  4. Lumayanlah…..

    Belajar akuntansi emang enak klo dpt dimengerti tp kadang pahit juga bila tak dapat menganalisis transaksi dan pembuatan laporan keuangannya stp akhir periode

  5. Benar banget…,
    Sebenarnya pengen tahu dan harus lebih banyak belajar akutansi, sekarang. Walaupun dulu pas SMA suka sama pelajaran kimia, tapi sekarang akutansi juga hrs diminati…berhubung sekarang kerja di bagian keuangan. Sama seperti yg dibahas, rekening pribadi dipisah dgn bisnis. ?

  6. jaman SMA,dulu masuk akuntansi tp gak paham2.tp skrang punya warong sembako,mau belajar pembukuan jd susah.mohon kasih tips mudah bagi pemula.makasih

  7. Aku masih belum paham mengenai akuntansi aku mau serius belajar akuntansi tpi gimana caranya agar aku bisa belajar akuntansi dengan muďah

  8. Aku ga punya dasar akuntansi banget. Dan sekarang kerja di bagian costing. So, kasih aku saran buat cepet paham akuntansi. Btw aku lulusan matematika sains

  9. ada yang nawarin kerja di bagian keungan,tp sy blm bisa atau blm mengusai hal spt itu..tp mulai hr ini saya akan bljr ttg akutansi dan aku akan mencobanya.

  10. ada yang nawarin kerja di bagian keungan,tp sy blm bisa atau blm mengusai hal spt itu..tp mulai hr ini saya akan bljr ttg akutansi dan aku akan mencobanya.

Leave a Comment