12 Cara Aman Menggunakan Kartu Kredit

Belajar Akuntansi & Pembukuan Bisnis UKM.

Pelajari Sekarang »

Cara Aman Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang merupakan pengganti uang tunai. Beberapa bank penyedia kartu kredit memang telah menghimbau pemegang kartu kredit untuk menggunakan PIN saat melakukan transaksi.

Tapi karena alasan kepraktisan, pemegang kartu kredit banyak yang tidak menggunakan PIN saat melakukan transaksi. Hal ini sangat berbahaya jika kartu kredit jatuh ke tangan pihak lain yang tidak bertanggungjawab.

cara aman menggunakan kartu kredit
cara aman menggunakan kartu kredit

Berikut ini adalah 12 cara aman menggunakan kartu kredit:

  1. Simpan semua kartu baik kartu kredit, kartu debet dll dan nomor rekening bank Anda di tempat yang paling aman.
  2. Sebelum Anda membuang dokumen keuangan seperti struk transaksi atm, bukti transaksi kartu kredit dll, pastikan dokumen keuangan tersebut telah dihancurkan terlebih dahulu agar tidak bisa dibaca.
  3. Simpan lembar tagihan Kartu Kredit Anda di tempat yang aman dan tidak mudah hilang atau terselip dengan dokumen lainnya.
  4. Pastikan Anda mengambil kembali Kartu Kredit Anda dan bukti pembayaran setiap selesai melakukan transaksi di merchant maupun di mesin ATM.
  5. Jika Anda sering melakukan transaksi secara online di internet, instal software pengaman atau anti virus yang terpercaya pada komputer Anda, untuk mengurangi kemungkinan terjadinya pembajakan melalui jaringan internet.
  6. Gunakan kata sandi yang tidak mudah diketahui orang lain untuk melindungi data internet banking dan rekening bank Anda. Kata sandi yang paling aman adalah kombinasi antara huruf besar, huruf kecil, angka dan karakter khusus.
  7. Saat akan melakukan belanja daring, gunakan situs belanja online yang terpercaya. Cara untuk mengetahui reputasi situs belanja online antara lain dengan membaca komentar atau feedback dari pembeli maupun review para blogger yang menggunakan situs belanja online tersebut.
  8. Saat Anda menerima kartu baru, segera tanda tangani panel di belakang Kartu Kredit baru tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko kartu dimanfaatkan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab untuk bertransaksi.
  9. Selalu jaga kerahasiaan nomor kartu kredit Anda, termasuk security number berupa 3 digit angka di belakang kartu.
  10. Cek tagihan, dengan selalu melakukan pencocokan antara bukti transaksi dengan billing statement. Jika terdapat transaksi yang mencurigakan, segera lapor kepada Penerbit kartu kredit untuk dilakukan investigasi.
  11. Jangan pernah meminjamkan Kartu Kredit kepada siapapun atau meninggalkan kartu dan bukti transaksi tanpa pengawasan.
  12. Selalu berhati-hati dengan berbagai penawaran yang menggiurkan yang biasanya dilakukan melalui telepon dan email.

Originally posted 2016-10-11 11:54:06.

Leave a Comment