Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Belajar Akuntansi & Pembukuan Bisnis UKM.

Pelajari Sekarang »

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Salah satu pertanyaan umum terkait akuntansi adalah perbedaan antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Pada tulisan ini, saya akan membahas perbedaan antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Untuk memahami perbedaan keduanya, kita terlebih dulu harus memahami pengertiian dari akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen.

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Pengertian Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Akuntansi keuangan merupakan akuntansi yang berfokus pada pembuatan laporan keuangan yang ditujukan kepada pihak eksternal pengguna laporan keuangan seperti pemegang saham, pemberi pinjaman, otoritas pajak, dll. Akuntansi keuangan lebih bersifat agregat dan disusun berdasarkan generally accepted accounting principles atau prinsip akuntansi yang berlaku umum.

Sedangkan, akuntansi manajemen atau akuntansi manajerial adalah akuntansi yang berfokus pada penyediaan informasi seputar operasional perusahaan kepada pihak manajemen dengan tujuan meningkatkan efisiensi dan efektifitas operasional perusahaan. Dibandingkan dengan akuntansi keuangan, akuntansi manajemen lebih bersifat detail dan tidak terikat dengan standar tertentu sebagaimana akuntansi keuangan.

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Berikut ini adalah perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen:

Sponsored Ad



Fokus

Akuntansi keuangan berfokus pada pembuatan laporan keuangan seperti laporan neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan perubahan modal yang ditujukan baik kepada pihak internal maupun eksternal. Sedangkan, fokus akuntansi manajemen adalah membuat laporan operasional perusahaan yang hanya didistribusikan secara terbatas kepada pihak internal.

Agregasi Laporan

Akuntansi keuangan menghasilkan laporan keuangan bisnis secara agregat atau total operasional bisnis secara keseluruhan seperti laporan neraca dan laporan laba rugi. Sedangkan, akuntansi manajemen menghasilkan laporan yang lebih bersifat detail. Misalnya, laporan profit by product, laporan customer dan lain sebagainya.

Tujuan

Tujuan dari akuntansi keuangan adalah menghasilkan laporan keuangan yang menggambarkan kondisi dan performa perusahaan. sedangkan, tujuan akuntansi manajemen adalah untuk menghasilkan laporan secara spesifik dan detail, mengidentifikasi masalah yang timbul serta menyelesaikan masalah tersebut.

Standar

Akuntansi keuangan harus memenuhi standar yang berlaku. Karena memiliki standar yang baku, laporan keuangan sebagai hasil dari akuntansi keuangan bisa dibandingkan baik antar periode maupun antar perusahaan. Sedangkan, akuntansi manajemen dibuat lebih fleksibel karena tidak ada standar yang baku yang berlaku pada akuntansi manajemen. Laporan akuntansi manajemen antara perusahaan yang satu dengan yang lain sangat mungkin berbeda.

Time Period

Laporan keuangan yang merupakan output dari akuntansi keuangan bersifat historical oriented, dimana laporan keuangan disusun berdasarkan operasional perusahaan yang terjadi selama periode tertentu. Sedangkan akuntansi manajemen, bisa bersifat future oriented, seperti pada pembuatan budget dan forecast.

Bagi Anda pelaku Bisnis UKM, silahkan join Channel Telegram kami di ➡ http://t.me/akuntansiUMKM untuk belajar akuntansi UMKM dengan cara asyik, seru dan menyenangkan.

Originally posted 2017-09-08 06:58:59.

  • 23
    Shares

Leave a Comment